5 Cara Tetap Positif Selama Traveling

Selama traveling, Anda akan menghadapi banyak tantangan yang tidak terduga. Anda bisa tersesat, kecurian, ketinggalan pesawat, dan sebagainya. Dibutuhkan pengelolaan emosi yang benar agar tidak bad mood ketika kondisi tersebut terjadi. Berikut ini adalah 5 cara tetap positif selama traveling yang bisa dipraktikkan.


1. Tentukan tujuan utama Anda sebelum berangkat


Setiap orang memiliki tujuan utama yang berbeda saat liburan. Ada orang yang ingin mengunjungi sebanyak mungkin objek wisata baru, ada yang ingin mengumpulkan foto-foto indah, ada juga yang hanya ingin rehat sejenak dari rutinitas. Apa pun tujuan Anda, jangan sampai lupa kepadanya. Tujuan tersebut akan membuat semangat lagi jika sedang mengalami hal buruk. Misalnya, Anda merasa kesal karena objek wisata yang dikunjungi ternyata sangat ramai dan penuh. Lalu ingat bahwa tujuan utama liburan Anda adalah bersantai, jadi Anda pun segera pergi dari objek wisata tersebut dan mencari tempat lain yang lebih sepi. Tindakan itu akan membuat mood kembali positif.

2. Jika traveling bersama orang lain, buat kesepakatan


Berlibur sendirian maupun berlibur bersama orang lain memiliki kelebihan masing-masing. Jika traveling bersama orang lain, Anda mempunyai teman untuk berbagai kesenangan dan kesulitan. Tetapi ada juga kerugiannya, yaitu mood rekan traveling yang buruk bisa memengaruhi mood Anda juga. Agar hal tersebut tidak terjadi, buatlah kesepakatan dengannya sebelum berangkat. Jika salah seorang sedang sedih atau marah, usahakan untuk tidak menularkannya ke orang yang lain. Jadi mood selama traveling akan tetap terjaga.

3. Selama kesepian, hubungi orang-orang di tempat asal


Traveling ke tempat yang jauh atau dalam waktu lama bisa membuat Anda kesepian. Apalagi jika tidak memiliki seorang pun teman bicara selama di sana. Jika hal tersebut terjadi, jangan ragu untuk menghubungi orang-orang di tempat asal. Bisa teman, keluarga, pasangan, atau lainnya. Ceritakan kegiatan Anda selama liburan, lalu dengarkanlah cerita mereka juga. Komunikasi tersebut bisa membuat Anda merasa positif lagi dan siap melanjutkan traveling. Sebelum menghubungi, pastikan Anda memilih waktu yang tepat, jangan terlalu pagi maupun terlalu malam. Perhitungkan perbedaan waktu apabila berada di luar negeri.

4. Buat jurnal selama traveling


Untuk mendokumentasikan liburan, buatlah jurnal. Bentuknya beragam, bisa berupa buku maupun catatan digital di ponsel. Catatlah kegiatan Anda setiap hari, apa yang dimakan, tempat apa yang dikunjungi, siapa saja orang baru yang dikenal, dan sebagainya. Hal-hal baik tersebut akan terasa lebih bermakna saat ditulis. Keuntungannya, Anda akan merasa semangat lagi saat membacanya. Jadi pembuatan jurnal memang berpengaruh agar suasana hati tetap positif tetap traveling. Di sisi lain, Anda jadi mempunyai oleh-oleh pribadi yang tiada duanya.

5. Jangan lupa berdoa selama traveling


Berdoa tidak hanya dilakukan untuk memohon keselamatan saat traveling. Anda juga bisa berdoa saat merasa sedih, kesulitan, maupun kesepian. Terutama, saat Anda mengalami hal buruk yang tidak terduga seperti kecurian atau ketinggalan transportasi. Berdoalah saat mengalami hal tersebut. Mintalah kekuatan untuk menghadapi sisa liburan. Jangan lupa bersyukur dan berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk traveling. Dengan demikian, suasana hati akan membaik. Apalagi jika Anda berdoa secara rutin. Bisa sesaat sebelum tidur, setelah bangun tidur, atau sesuai waktu ibadah agama masing-masing. Jangan lupa untuk melakukannya dengan ikhlas.

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

5 Alasan untuk Traveling ke Luar Negeri Sekarang Juga

Sekarang siapapun bisa traveling ke luar negeri. Hal-hal yang diperlukan semakin mudah dan murah. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu ...

Scroll To Top