5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Traveling

Supaya traveling berjalan lancar, Anda perlu mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Peraturan tersebut dibuat agar semua orang yang berada di sana merasa nyaman. Jika tidak mengikutinya, Anda akan merugikan diri sendiri dan bisa mendapat sanksi. Waspadalah! Berikut ini adalah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat traveling.


1. Tidak mengikuti prosedur keamanan


Jika traveling ke luar negeri, tentu adalah harus melewati imigrasi. Setiap pendatang akan dicek kelengkapan dokumennya seperti paspor dan visa. Jangan meremehkan proses tersebut. Sepenting apa pun diri Anda, atau sesibuk apa pun Anda, tetaplah ikuti prosedur keamanan yang berlaku. Sebab jika tidak, Anda akan dicurigai sebagai pendatang gelap. Bisa-bisa petugas keamanan akan menangkap Anda dan memulangkan ke negara asal. Agar hal tersebut tidak terjadi, lebih baik ikuti semua prosedur dengan sabar dan teliti.

2. Mencorat-coret objek wisata


Hal ini sering tidak disadari oleh para turis. Banyak pendatang yang terlena saat mengunjungi objek wisata tertentu. Mereka menorehkan nama masing-masing di sana, bisa di tembok, patung, pagar, pepohonan, dan sebagainya. Tentu tindakan tersebut sangat tidak terjadi. Selain mengotori lingkungan, juga bisa membuat diri sendiri terkena masalah. Anda bisa ditangkap oleh petugas setempat kalau mencorat-coret objek wisata. Hukumannya bisa berupa didenda, diusir, bahkan dilarang untuk mengunjungi tempat itu lagi. Jadi janganlah mencorat-coret sembarangan. Kalau ingin meninggalkan nama, tulis saja di buku khusus untuk pengunjung.

3. Menangkap hewan langka


Tindakan ini biasanya dilakukan oleh turis-turis yang mengunjungi objek wisata alam. Mereka akan melihat binatang-binatang langka yang belum pernah ditemui. Terkadang, ada turis iseng yang menangkapnya dan bahkan menyiksanya. Jangan sampai meniru hal tersebut. Selain berdampak buruk pada lingkungan, sanksi yang diterima juga sangat besar. Anda bisa didenda banyak dan bahkan dipenjara. Lebih baik nikmati saja objek wisata secukupnya. Jika ada hewan langka yang membuat tertarik, cukup dilihat, dibelai, atau diberi makan.

4. Berbuat tidak sopan pada warga lokal


Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Tindakan yang diperbolehkan di suatu daerah belum tentu pantas untuk daerah lainnya. Karena itu, pelajarilah tempat tujuan Anda sebelum berangkat. Ingat-ingat peraturan yang berlaku di masyarakat sana, baik tertulis maupun tidak tertulis. Misalnya adalah peraturan tentang pakaian. Ada daerah yang mengharuskan Anda memakai pakaian tertutup ke manapun pergi. Ada juga peraturan untuk berinteraksi dengan warga sekitar. Di tempat-tempat tertentu, Anda harus menggunakan bahasa sesopan mungkin untuk berinteraksi dengan warganya. Kalau tidak, mereka akan tersinggung dan tidak menjawab.

5. Melanggar larangan setempat


Ada larangan yang berbeda di setiap daerah. Suatu daerah mungkin melarang Anda untuk makan daging sapi, sebab mayoritas warganya beragama Hindu dan menganggap sapi sebagai hewan yang didewakan. Jika menemui peraturan seperti itu, patuhi saja. Jangan nekat untuk melanggarnya. Sebab, sanksi yang diterima bisa sangat berat. Mungkin Anda tidak akan ditangkap polisi atau pihak berwenang lainnya. Tetapi, warga sekitar yang merasa terhina bisa berbuat kasar pada Anda. Misalnya melukai Anda atau merusak barang-barang yang dibawa. Mengerikan bukan? Supaya hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk mengetahui larangan yang berlaku di tempat tujuan. Lalu patuhilah sekalipun Anda tidak suka. Ingat, kedudukan Anda adalah pendatang, jadi Andalah yang harus menyesuaikan diri.

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

5 Alasan untuk Traveling ke Luar Negeri Sekarang Juga

Sekarang siapapun bisa traveling ke luar negeri. Hal-hal yang diperlukan semakin mudah dan murah. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu ...

Scroll To Top