5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Traveling

Kesehatan adalah salah satu hal paling penting saat traveling. Kalau tubuh lemas atau sakit, tentu kegiatan menjadi tidak maksimal. Bisa-bisa Anda terpaksa berada terus di penginapan. Tidak ingin begitu, bukan? Simaklah 5 tips menjaga kesehatan saat traveling berikut ini.


1. Usahakan untuk rutin berolahraga sebelum traveling


Traveling membutuhkan fisik dan stamina yang prima. Karena itu, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berolahraga sebelum traveling. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang mudah capek atau sering sakit. Sebaiknya lakukan antisipasi dengan memperkuat daya tahan tubuh sebelum berangkat. Bagaimana caranya? Anda bisa memilih salah satu dari berbagai macam olahraga, contohnya jogging, berenang, lompat tali, bulu tangkis, dan sebagainya. Lakukanlah minimal tiga kali seminggu agar manfaatnya lebih maksimal.

2. Sesuaikan aktivitas liburan dengan kemampuan fisik


Setiap orang memiliki kemampuan fisik yang berbeda. Ada orang yang mampu mendaki gunung saat traveling, ada juga orang yang sudah capek walaupun hanya berjalan kaki. Karena itulah pemilihan kegiatan harus dilakukan dengan cermat saat liburan. Kenali kemampuan Anda terlebih dahulu. Apakah selama ini Anda mudah capek walaupun hanya beraktivitas sebentar? Kalau iya, pilihlah kegiatan yang tidak banyak membutuhkan fisik, contohnya berkeliling daerah wisata naik transportasi setempat. Sedangkan kalau memiliki kemampuan fisik yang kuat, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki seharian agar lebih maksimal dalam menjelajah.

3. Jangan lupa istirahat yang cukup


Saat traveling, Anda akan melakukan berbagai kegiatan yang di luar keseharian. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh lebih lelah dari biasanya. Karena itu, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan. Jangan meremehkan tidur. Walaupun jadwal liburan padat, usahkan untuk tidur minimal lima hingga delapan jam sehari. Jadi, tubuh akan segar lagi saat bangun dan siap melakukan aktivitas. Anda juga bisa memanfaatkan jeda saat di perjalanan untuk tidur, misalnya saat naik pesawat, kereta, atau bus yang memakan waktu cukup lama.

4. Konsumsi makanan yang bergizi


Istirahat saja tidak cukup untuk mengembalikan tenaga. Tubuh Anda membutuhkan energi yang diperoleh dari makanan. Jadi usahakanlah untuk makan yang cukup dan bergizi. Walaupun budget ketat, sebaiknya Anda makan minimal dua kali sehari. Kalau hanya sekali sehari, bisa-bisa tubuh menjadi lemas. Pilihlah makanan dengan cermat agar mendapat porsi yang banyak dengan harga murah. Hal lain yang tidak kalah penting adalah nutrisi. Carilah makanan yang mengandung gizi seimbang, tidak hanya daging atau gorengan saja. Sertakan sayuran atau buah saat Anda bersantap. Jangan lupa minum air yang cukup agar tidak dehidrasi.

5. Minum vitamin


Vitamin merupakan salah satu barang yang wajib dibawa saat liburan. Pilihlah vitamin berupa kapsul, bukan cair, agar lebih mudah dikonsumsi. Anda bisa membawa vitamin A, B, C, D, atau vitamin yang sudah mengandung berbagai gizi. Minumlah sesuai dengan ketentuan. Biasanya Anda hanya perlu minum vitamin sehari sekali, tetapi ada juga yang dua atau tiga kali sehari.

Kalau bisa, tawarkan vitamin tersebut pada orang-orang lain yang berlibur dengan Anda. Misalnya teman, keluarga, atau pasangan. Sebab, kesehatan mereka juga akan berpengaruh pada aktivitas liburan. Jadi jagalah kesehatan bersama. Tentunya, minum vitamin saja tidak cukup. Anda sekalian juga perlu mengimbanginya dengan makanan yang bergizi, air putih yang banyak, serta istirahat yang cukup.

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

5 Alasan untuk Traveling ke Luar Negeri Sekarang Juga

Sekarang siapapun bisa traveling ke luar negeri. Hal-hal yang diperlukan semakin mudah dan murah. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu ...

Scroll To Top